Yuk membaca…

Masih ingatkah anda dengan sebuah pribahasa yang mengatakan The book is the window of world. Pribahasa ini memiliki makna bahwa melalui sebuah buku kita dapat mengerti dan mengenal informasi serta kondisi dunia luar, baik secara lokal maupun global. Namun untuk mengerti dan mengenal informasi serta kondisi dunia luar melalui sebuah buku bukanlah suatu hal yang mudah, dibutuhkan dorongan atau kemauan yang besar dan dinamis yang harus timbul dari dalam diri individu untuk mau membuka buku. Apakah cukup dengan mau membuka buku saja? Sekali-kali tidak, harus diiringi adanya upaya yang dilakukan untuk memahami isi yang terdapat dalam buku tersebut. Nah, upaya dan kemauan untuk memahami isi buku inilah yang kita sebut sebagai minat membaca.

Minat membaca perlu ditumbuh kembangkan kepada anak sejak mereka masih usia dini. Mengapa hal ini perlu dilakukan? Karena pada usia inilah rasa ingin tahu yang dimiliki anak untuk belajar mengenal sesuatu sangat besar, boleh dikatakan bahwa inilah waktu yang tepat untuk kita sebagai orangtua mulai berupaya menumbuh kembangkan minat baca pada diri mereka.

Salah satu cara yang dapat kita lakukan adalah memfasilitasi anak dengan berbagai macam mainan edukasi yang sesuai dengan usia perkembangan mereka, bersifat fun sekaligus berfungsi dalam mengajarkan mereka membaca. Mainan-mainan edukasi tersebut dapat berupa kartu kata, poster kata atau buku-buku bergambar dan berwarna yang kalimatnya pendek dan ukuran huruf yang digunakan cukup besar.

Melalui mainan seperti ini, kita dapat mengajarkan anak tentang pengenalan kosa kata. Mengapa hal ini perlu dilakukan?Karena melalui kosa kata, anak-anak akan memiliki perbendaharaan kata yang banyak serta pemahaman yang dalam tentangkata-kata yang akan mereka gunakan saat berbicara. Selain kosa kata, melalui mainan tersebut anak-anak juga dapat kita kenalkan dengan suku kata.  Suku kata perlu diajarkan kepada anak,  karena sebelum dapat membaca satu kata atau kalimat secara penuh, anak-anak perlu untuk mengenal pola membaca yang dimulai dengan suku per suku kata atau kata per kata. Setelah kedua hal itu dilakukan baru kemudian mereka diajarkan untuk merangkai huruf menjadi suku kata, suku kata menjadi kata dan kata menjadi kalimat.

Melalui  penjelasan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa upaya menumbuh kembangkan minat baca pada anak dapat kita mulai sejak anak usia dini, dan melalui benda-benda yang ada disekitarnya yang secara sadar memang disediakan sebagai media untuk mengajarkan membaca. Keuntungan dari itu semua adalah ketika minat baca sudah terbentuk sejak kecil, secara otomatis dewasanya anak-anak ini akan menjadi anak-anak yang gemar membaca, kreatif dan memiliki kepercayaan diri yang tinggi, oleh karena pengetahuan dan wawasan luas yang mereka miliki sebagai buah dari minat membaca yang terbentuk sejak kecil.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: